header-int

Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren

Sabtu, 19 Okt 2019, 01:39:05 WIB - 31 View
Share
Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren

Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan yang berupaya untuk merubah pola fikir, sikap dan tingkah laku peserta didik yang negatif menjadi positif. Perubahan tersebut dapat dilihat dari kehidupan sehari-hari, sejauh mana seseorang (peserta didik) mengalami perubahan baik dalam berfikir ataupun dalam berprilaku positif dalam menghadapi problematika kehidupan, Kehadiran mereka ditengah tengah masyarakat dapat memberi konstribusi kebaikan terhadap lingkungan di manapun dia berada. Sehingga tidak hanya hidup tapi menghidupkan, bergerak dan menggerakan berjuang dan memperjuangkan.

Pendidikan dan pengajaran di Pondok Pesantren Modern diselenggarakan dengan sistem pembelajaran yang modern (Direct method, Quantum Teaching, Life Skill Education Method, dan Broad-Base Education Method), dan senantiasa memperhatikan perkembangan dalam sistem pendidikan modern. 

Dengan singkat dapat dikatakan bahwa sistem pendidikan dan pengajaran di Pondok Pesantren Modern berdasarkan teori dan praktek pembelajaran modern, terutama dalam pembelajaran bahasa asing dan teknologi.

Pendidikan yang diterapkan di pondok pesantren modern adalah pendidikan yang total yaitu pendidikan yang berikan kepada santri dari bangun tidur sampai dengan tidur lagi, dan peran pendidik pun mendidik para santri di 24 jam, pendidikan yang diberikan dipondok pesantren tidak hanya didalam kelas saja akan tetapi pendidikan juga mereka dapatkan di luar kelas dengan melalui pengawalan para pendidik baik dari Kyai atau pimpinan pondok, guru dan santri senior yang mengawal selama 24 jam.

Kyai sebagai pimpinan pondok yang memimpin bukan hanya sekedar menggerakkan dan bukan sekedar manager.Serta bukan juga sebatas melaksanakan program pendidikan di Pondok Pesantren.

Kyai bukan sekedar menjadi pimpinan administratif di Pondok, dan bukan sekedar pimpinan akademisi.Tapi Kyai memimpin, mendidik, membela dan memperjuangkan Pondok Pesantren.

Fungsi dan peran kiyai adalah mengatur, menata dan menggerakkan hidup dan kehidupan yang total di Pondok Pesantren, akhirnya terbinalah watak, karakter, mental dari Pondok Pesantren. Tidak hanya Kyai atau Pimpinan Pondok saja akan tetapi Guru dan santri senior merupan salah satu faktor terbesar dalam membentuk karekter seorang anak atau santri, karena peran dan fungsi guru dan santri senior yang didapatkan dari hasil pengarahan, pelatihan, penugasan, pembiasaan, pengawalan, Uswah hasanah dan Pendekatan yang diberikan Kyai, itu semua akan menimbukalan loyalitas dan dedikasi untuk memberikan peran terhadap pembentukan karakter pada Santri.

Sumber : Kompasiana.com
Penulis  Abil Fahresa Shiddiqi

PTR Selamat datang di Official Website Pesantren Teknologi Riau
© 2019 Pesantren Teknologi Riau Follow Pesantren Teknologi Riau : Facebook Twitter Linked Youtube